Kamis, 24 Maret 2011

PENTINGNYA ILMU BAGI MANUSIA

Barang siapa yang ingin bahagiah di dunia maka dengan ilmu, dan
Barang siapa yang ingin bahagiah di akherat maka dengan ilmu, dan
Barang siapa yang ingin bahagiah di dunia dan di akherat maka dengan ilmu
(AL-Hadits)
ILMU,,, sesuatu yang sudah tidak asing lagi terdengar di telinga kita, tapi yang jadi pertanyaan apakah kita sudah memiliki ilmu itu dan sudah mengaplikasikanya dalam kehidupan sehari-hari. Dalam sekelumit tulisan ini penulis akan menceritakan sedikit tentang betapa penting dan utamanya ilmu bagi kehidupan manusia. Melihat zaman sekarang yang katanya zaman GLOBALISASI, MODERENISASI dan zaman yang penuh dengan ilmu pengetahuan tapi kalau saya perhatikan semangat belajar kita makin menurun dan kita terperangkap oleh budaya budaya yang sengaja diciptakan untuk merusak moral kita. Maka dari itu mari kita bentengi diri kita dengan ilmu yang akan membawa kearah yang lebih baik. Islam sudah mengajarkan kepada kita untuk mencari ilmu dari semenjak lahir sampai ahir hayat kita begitulah betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan kita. Kalau kita ingat kisah nabi SULAIMAN As ketika beliau disuruh memilih tiga hal yaitu HARTA, WANITA, dan ILMU.
Coba kita bayangkan seandainya nabi SULAIMAN As memilih HARTA atau WANITA apkah beliau akan biasa memiliki segalanya dan menjaganya dengan baik untuk menegakkan syariat islam, tetapi bersyukurlah beliau dengan tegas menjawab memilih ILMU sehingga segala sesuatunya beliau miliki, harta, wanita martabat beliau miliki bahkan belau bias berbicara dengan makhluk ALLAH selain manusia.
Kita juga kenal dengan salah satu dari khulafa urrasyidin yaitu ALI bin ABI THOLIB beliau dijuliki BAABUN ILMU, tetapi beliau berkata barangsiapa yang mengajarkan satu ALIF saja kepada saya maka saya akan memanggilnya guru. Selain itu juga hadits pembuka tulisan ini sudah menerangkan jika kita ingin bahagiah di dunia maka dengan ilmu pantaslah bagi kita un tuk mencari ilmu-ilmu tentang dunia sehingga kita biasa beradaptasi dan bersaing dizaman yang penuh ilmu pengetahuan ini, selanjutnya kita tidak baleh melupakan ilmu akherat kalau kita ingin bahagiah dikehidupan yg kekal dan abadi disana, dan kalau kita ingin bahagiah pada keduanya maka dengan ilmu.
Pada zaman sekarang ilmu merupakan sesuatu yang harus kita miliki dan kita utamakan dalam mencarinya, tapi kebanyakan orang berlomba lomba dalam mencari harta, tanpa dia sadari padhal dia sudah terjebak dalam suatu kesalahan, yaitu ketika dia memiliki harta tapi tanpa dibekali dengan ilmu maka harta tersebut akan menghantuinya dan membuat hidupnya tidak tenang, banyak orang yang memiliki harta yang melimpah tapi dia tidak dapat merasakan kebahagian yang sesungguhnya.
kisah kisah diatas sudah sangat jelas menggambarkan betapa pentingnya ilmu bagi kehidupan kiata. Tetapi sangat disayangkan ketika kita mencari ilmu tanpa kita bakali dengan keimanan dan tuntunan islam. Sangat banyak sekali pada zaman sekarang ini orang orang yang berilmu tapi tanpa didasari dengan keimanan sehingga ilmu yang dia miliki bukan digunakan untuk menegakkan SYARIAT ISLAM tetapi digunakan untuk mendzolimi saudaranya sendiri dan untuk menjadi tameng menutupi keslahanya.
Yakinlah ketika kita sudah memiliki ILMU yang sesuai dengan tuntunan islam kita akan mendapatkan semuanya dan kita akan lebih tinggi derajatnya dibandingkan dengan makhliuk lainya.
Karna tinggi atau rendahnya derajat seseorang bukanlah diukur dengan harta atau jabatanya tetapi tinggi atau rendahnya derajat orang itu sesuai dengan ilmu dan akhlak yang dia miliki. Satu hal yang harus kita ingat ketika kita tidak memiliki ILMU maka kita seperti orang yang tersesat di HUTAN BELANTARA dan ketika kita memiliki ilmu maka kita seraya menggenggam DUNIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar